Minggu, 23 Desember 2012

Pengalaman Pertama yang Mengesankan (Youth Power UGM 2012)




Antara senang dan setengah heran,  abstrak yang saya kirim di jam-jam terakhir deadline call for abstract Youth Power UGM itu, lolos seleksi dari 100 lebih abstrak yang masuk dan memberikan kesempatan kepada saya dan tim saya untuk menjadi delegasi presentasi paper dalam rangkaian acara Youth Power UGM 2012, 19 -21 Oktober 2012.
Jum’at, 19 Oktober 2012, saya dan teman-teman satu tim (Okthina Damayanti dan Mas Dwi Prasetyo) berangkat menuju Yogyakarta. Awalnya, kami memang berencana untuk berangkat agak siang. Namun, keinginan itu pun kandas karena ternyata ada beberapa hambatan dan hal yang harus kami selesaikan dahulu, misalnya saja laporan kimia organik yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Hehe.. Akhirnya pukul 16.30 WIB, kami bergegas untuk berangkat ke Jogja. 30 menit berlalu sia-sia penantian kami menunggu bus jurusan Surabaya-Jogja yang tidak kunjung datang. Dan sekian menit kemudian, kemi baru menyadari bahwa bus tersebut tidak lewat kampus kami, karena sedang ada proyek pembangunan Fly over di Palur.  Hadeeh.. bener-bener deh.. Kami memutuskan untuk naik bus di Kleco saja, jadi  akhirnya ba’da maghrib kami baru bisa berangkat ke Jogja, setelah menanti bus jurusan jogja yang cukup lama juga waktu itu.
Kami sampai Jogja sekitar jam setengah 9. Setelah menanti kurang lebih hampir 1 jam, akhirnya ada  seseorang yang turun dari mobil suzuki swift putih, menghampiri kami. Dia menyambut kami bertiga dengan ramah.  Ternyata dia  adalah LO kami, Mbak Kiki. Karena cukup lelah, kami pun tertidur saat perjalanan menjelang ke penginapan. Perjalanan ke penginapan cukup lama, karena ternyata penginapannya di Jagalan km 22, kompleks penginapan Kaliurang.
Hawa dingin menyapa kami ketika kami keluar dari mobil berjalan  ke dalam penginapan. Sesampainya disana teman-teman peserta Youth Power yang lain telah selesai briefing acara dan sudah bergegas menuju kamar masing-masing untuk istirahat tidur. Sedangkan kami, makan dan mendapat penjelasan tentang acara di keesokan harinya, baru menuju ke kamar kami masing-masing untuk tidur.
***
Sabtu, 20 Oktober 2012
Pagi-pagi, tim saya memang sudah janjian untuk diskusi terkait presentasi nanti, karena masih ada beberapa konsepan presentasi dan mengingat memang persiapan presentasi belum maksimal. Mas Dwi, memberikan kepercayaan pada saya dan Oktina untuk menyampaikan presentasi nanti, padahal kami berdua belum berpengalaman. Ya, inilah berproses, tanpa mulai mencoba kapan akan bisa. Setelah selesai persiapan, sebelum sarapan kami latihan kembali. Kali ini langsung latihan pada penyampaian presentasi. Memang masih banyak salah kata, penyusunan kalimat kurang bagus dan masih banyak lupanya. Ya tetapi setidaknya, dengan saling menasehati dan memberi masukan, lama-kelamaan agak lancar juga.
Usai sarapan pagi, seluruh peserta diarahkan untuk menuju bis yang telah disiapkan, menuju kampus UGM. Sebelum bis berangkat, yah seperti biasa peserta-peserta sibuk mengeksiskan diri dengan berfoto-foto ria.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar