Senin, 15 Oktober 2012

Sudah Maksimalkah Peran ‘Agent of Change’ Mahasiswa?




Tepatnya jum’at, 12 Oktober 2012, saya mengikuti seminar Pak Indrawan Yepe. Sosok inspiratif yang selama ini saya ketahui dari beberapa teman dan kakak tingkat saya di kampus. Membahas tentang optimalisasi peran mahasiswa. Hal yang pertama kali beliau sampaikan adalah peran mahasiswa sebagai ‘Agent of Change’.
“Agent of Change atau Agent Tai Kucing?” pertanyaan yang sampai sekarang masih terngiang di benak saya.
Meninjau ulang segudang peran mahasiswa, istilah agen perubahan atau yang biasanya di  istilahkan dengan agent of change  memang sering sekali kita dengar. Namun sudah optimalkah peran tersebut dilakukan oleh para mahasiswa? Tentu ini menjadi sebuah tanda tanya besar yang patut kita tanyakan pada diri kita masing-masing. Melihat betapa kompleksnya permasalahan di berbagai bidang, terkadang sikap kita masih acuh menghadapinya. Padahal, tugas mahasiswa untuk berkontribusi dalam permasalahan tersebut sangatlah dibutuhkan. Sebagai kaum terdidik, mahasiswa memiliki berbagai kelebihan mulai dari semangat, kekuatan, dan ilmu yang sebenarnya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Jangankan untuk berkontribusi, mungkin masih banyak sekali mahasiswa yang mana untuk memikirkan ‘mimpi’nya masih malas-malasan. Banyak yang masih senang berada di zona amannya, padahal dunia membutuhkan aksinya.
“Jika ilmuwan  tidak memikirkan sebuah karya dan manfaat bagi orang lain. Ini menjadi awal bagi terwujudnya manipulasi terhadap ilmu pengetahuan” (Yaqut ibn-‘Abdullah alRumi al-Hamawi)
Mungkin kita merasa belum pantas disebut ilmuwan, tetapi maukah kita yang berilmu dicap sebagai manipulator ilmu pengetahuan? Setidaknya ini merupakan bahan renungan kita bersama, bahwa tugas kita tidak hanya berada di zona aman.  Dunia menunggu kita untuk berkarya dan berkontribusi.
Maka dari itu marilah memacu diri kita masing-masing, untuk senantiasa semangat melaksanakan apa yang sebenarnya menjadi kewajiban kita. Semangat berkarya dan bermanfaat!!!:D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar